KUMBANG MAS

KUMBANG MAS

Menu

Pengertian Pupuk dan Jenisnya

Pengertian Pupuk NPK

Pupuk NPK adalah pupuk yang memilik kandungan tiga unsur hara makro, yaitu Nitrogen (N) , Phosphate (P) dan Kalium (K) . Selain unsur hara makro, beberapa produsen pupuk juga menambahkan unsur hara mikro seperti  klorida, boron, besi, mangan, kalsium, magnesium, sulfur, tembaga, seng,dll untuk meramu sebuah formulasi yang disesuaikan dengan peruntukannya.

Bentuk produk pupuk NPK yang beredar di pasaran pun cukup bervariasi. Pupuk NPK padat bisa berupa tablet, pelet, briket, granul serta bubuk/powder , sedangkan pupuk NPK cair muncul dengan aneka tingkat kelarutan. Setiap jenis merk pupuk NPK memiliki komposisi kandungan yang berbeda-beda tergantung dari kebutuhan tanaman.

Manfaat Pupuk NPK

Manfaat pupuk NPK secara umum adalah membantu pertumbuhan tanaman agar berkembang secara maksimal. Setiap unsur hara didalam pupuk NPK memiliki peran yang berbeda dalam membantu pertumbuhan tanaman. Ketiganya merupakan unsur hara makro primer karena paling banyak dibutuhkan oleh tanaman.

Kandungan NPK

Unsur N (Nitrogen) Unsur hara N berfungsi sebagai penyusun asam amino (protein), asam nukleat, nukleotida serta klorofil. Hal ini akan menjadikan tanaman lebih hijau, pertumbuhan tanaman secara keseluruhan menjadi lebih cepat serta meningkatkan kandungan protein pada hasil panen.

Unsur P (Phosphate) Unsur hara P berfungsi sebagai penyimpan dan menyalurkan energi untuk semua aktivitas metabolisme tanaman. Dampak positifnya adalah terpacunya pertumbuhan akar, memacu perkembangan jaringan, merangsang pembentukan bunga dan pematangan buah, meningkatkan daya tahan terhadap penyakit.

Unsur K (Kalium) Unsur hara K pada tanaman salah satunya adalah sebagai aktivator enzim yang berpartisipasi dalam proses metabolisme tanaman. Selain itu juga membantu proses penyerapan air dan hara dalam tanah. Unsur hara K juga membantu menyalurkan hasil asimilasi dari daun ke seluruh jaringan tanaman. 

Jenis Pupuk

Material pupuk sendiri terbagi ke dalam dua jenis, yaitu pupuk yang terbuat dari bahan organik dan pupuk yang berasal dari bahan non-organik (mineral).

Pupuk Non-Organik : terbuat dari bahan-bahan kimia

Pupuk Organik : beberapa pupuk berikut terbuat dari bahan-bahan organik

Kontak :

Email : cv.ecatanibarokah@gmail.com

Hubungi kami melalui Email
Alamat email Anda:
Subjek pesan:
Isi pesan: